Latest News

Nature

3/Nature/grid-small

Sabtu, 11 Februari 2017

Contoh Laporan Skripsi BAB 2

Contoh Laporan Skripsi BAB 2
MWSOFFICIAL - Tinjauan Pustaka adalah kegiatan yang meliputi mencari, membaca, dan mendengarkan laporan-laporan penelitian dan bahan pustaka yang memuat teori-teori yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. Kegiatan ini merupakan bagian yang penting dari pendekatan ilmiah yang harus dilakukan dalam setiap penelitian ilmiah dalam suatu bidang ilmu. Hasil dari kegiatan ini merupakan materi yang akan disajikan untuk menyusun dasar atau kerangka teori penelitian yang dalam usulan atau laporan penelitian disajikan dalam bab tinjauan pustaka. Tujuan melakukan tinjauan pustaka.

Setelah kita memahami pengertian dari kegiatan tinjauan pustaka, marilah kita sekarang membahas tentang tujuan dilakukannya tinjauan pustaka. Secara umum tinjauan pustaka bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan wawasan yang menyeluruh tentang penelitian-penelitian yang pernah dilakukan dalam suatu topik.

Berikut ini adalah contoh laporan skripsi pada BAB 2 setelah sebelumnya saya membagikan contoh laporan skripsi BAB 1 pada jurusan Sistem Informasi S1 yang telah saya buat. Langsung saja simak dibawah ini.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Penelitian Terkait
Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengambil beberapa rujukan yang  berhubungan dengan skripsi ini adalah sebagai berikut:

(Aditama 2013), Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi UMK Kudus dalam penelitiannya yang berjudul “Sistem Informasi Pemesanan Penjualan Pada Toko Mebel Tambah Rejeki”. Tujuannya yaitu untuk memperoleh laporan keuangan seperti rugilaba, perubahan modal dan neraca saldo. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan pemodelan UML. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java dan database MySQL.

(Herdianto 2013), Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam penelitiannya yang berjudul “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Meubel Pada PT. Andara Furniture Menggunakan Visual Basic 6.0”. Tujuannya yaitu dapat mempermudah user dalam pengolahan data penjualan pada PT. Andara furniture. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan pemodelan dengan DFD. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah VB 6.0 dengan database MySQL

(Pradana 2014), Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi AMIKOM Yogyakarta dalam jurnalnya yang berjudul “Analisis dan Perancangan Website E-Commerce Pada Penjualan Sepatu Kulit Dan Tas Pada Toko Dwijaya Yogyakarta”. Tujuannya yaitu untuk membuat website penjualan sepatu kulit dan tas pada toko Dwijaya. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah Data Flow Diagram (DFD). Perancangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk basis datanya.

(Sufyan 2015), Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Universitas Muria Kudus dalam skripsinya yang berjudul “Sistem Informasi Pemasaran Perumahan Rejo Kusumo Berbasis Web Di Dersalam Kudus”. Tujuannya yaitu memudahkan calon pembeli perumahan  dalam proses pemilihan lokasi tempat tinggal. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan pemodelan UML. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan database MySQL.

(Wijayanto 2015), Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Universitas Muria Kudus dalam skripsinya yang berjudul “Sistem Informasi Pemasaran Beras pada CV Sumber Makmur Berbasis Web”. Tujuannya yaitu memudahkan pembeli dalam melakukan pembelian beras pada CV Sumber Makmur. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan pemodelan UML. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan database MySQL.

Berdasarkan tinjauan pustaka tersebut, maka  penulis laporan ini mengambil judul ”Sistem Informasi Penjualan Original Merchandise Supporter Banaspati Berbasis Web”. Dalam hal ini penulis ingin merancang suatu sistem informasi untuk proses penjualan merchandise berbasis web. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML). Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan database MySQL.

2.3 Landasan Teori
1.3.1 Pengertian Sistem
Dalam mendefinisikan sistem terdapat dua kelompok pendekatan sistem, yaitu sistem yang lebih menekankan pada prosedur dan elemen. Menurut Gerald J. dalam Ladjamudin (2005), sistem yang menekankan pada prosedur didefinisikan sebagai suatu urut-urutan yang tepat dari tahapan-tahapan instruksi yang menerangkan apa yang harus dikerjakan, siapa yang mengerjakan, kapan dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya. Sedangkan dalam pendekatan elemen, menurut Robert G. Murdick dalam Ladjamudin (2005), sistem adalah seperangkat elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan bersama.

1.3.2 Pengertian Informasi
Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data-item. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat yang tertentu. Jogiyanto (2005)
Menurut Gordon B. Davis dalam Ladjamudin (2005), Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti dan berguna bagi penerimanya untuk mengambil keputusan masa kini maupun yang akan datang.

1.3.3 Pengertian Sistem Informasi
Menurut Ladjamudin (2005), sistem informasi dapat didefinisikan sebagai berikut:
  • Suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen–komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi.
  • Sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan atau untuk mengendalikan organisasi.
1.3.4 Pengertian Penjualan
Simamora (2002) menyatakan, penjualan adalah pendapatan lazim dalam perusahaan dan merupakan jumlah kotor yang dibebankan kepada pelanggan atas barang dan jasa. Sedangkan menurut Marom (2002), penjualan adalah penjualan barang dagangan sebagai usaha pokok perusahaan yang biasanya dilakukan secara teratur. 

Definisi tersebut dapat disimpulkan, bahwa penjualan adalah persetujuan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli, dimana penjual menawarkan suatu produk dengan harapan pembeli dapat menyerahkan sejumlah uang sebagai alat ukur produk tersebut sebesar harga jual yang telah disepakati. 

1.3.5 Pengertian Merchandise
Merchandise adalah komoditas ditawarkan untuk dijual atau objek perdagangan (apa saja yang biasanya dibeli atau dijual dalam perdagangan atau pasar atau dengan pedagang) Sumber: (http://www.artikata.com/arti-115813-merchandise.html)

1.3.6 FOD (Flow Of Document)
Menurut Ladjamudin (2005), mendefinisikan Bagan Alir (flowchart) adalah bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyesuaian suatu amasalah.

1.3.7 UML
Unified Modeling Language (UML) merupakan sistem arsitektur yang bekerja dalam Object Oriented Analysis and Design dengan sebuah bahasa yang konsisten untuk menentukan, memvisualisasi, mengkontruksi, dan mendokumentasikan artifacts yang terdapat dalam sistem software. Artifacts adalah sepotong informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses rekayasa software. Artifacts dapat berupa model, deskripsi, atau software. (Suhendar dan Gunadi, 2002)

Untuk contoh laporan skripsi BAB 2 selengkapnya bisa di download pada link dibawah ini secara GRATIS.
Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flag Counter

Flag Counter

Statistic

Food