Latest News

Nature

3/Nature/grid-small

Sabtu, 11 Februari 2017

Contoh Proposal Skripsi Sistem Informasi

Contoh Proposal Skripsi Sistem Informasi
MWSOFFICIAL - Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja (KBBI, 2002), perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research). Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan agar mereka terbiasa berpikir sistematis-logis sebagaimana di dalam langkah-langkah penulisan proposal.

Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya. Skripsi merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Istilah skripsi sebagai tugas akhir sarjana hanya digunakan di Indonesia. Negara lain, seperti Australia menggunakan istilah thesis untuk penyebutan tugas akhir dengan riset untuk jenjang undergraduate (S1), postgraduate (S2), Ph.D. dengan riset (S3) dan disertation untuk tugas riset dengan ukuran yang kecil baik undergraduate (S1) ataupun postgraduate (pascasarjana). Sedangkan di Indonesia skripsi untuk jenjang S1, tesis untuk jenjang S2, dan disertasi untuk jenjang S3.

Dalam penulisan skripsi, mahasiswa dibimbing oleh satu atau dua orang pembimbing yang berstatus dosen pada perguruan tinggi tempat mahasiswa kuliah. Untuk penulisan skripsi yang dibimbing oleh dua orang, dikenal istilah Pembimbing I dan Pembimbing II. Biasanya, Pembimbing I memiliki peranan yang lebih dominan bila dibanding dengan Pembimbing II.

Proses penyusunan skripsi berbeda-beda antara satu kampus dengan yang lain. Namun umumnya, proses penyusunan skripsi adalah sebagai berikut:
  • Pengajuan judul skripsi
  • Pengajuan proposal skripsi
  • Seminar proposal skripsi
  • Penelitian
  • Setelah penulisan dianggap siap dan selesai, mahasiswa mempresentasikan hasil karya ilmiahnya tersebut pada Dosen Penguji (sidang tugas akhir).
  • Mahasiswa yang hasil ujian skripsinya diterima dengan revisi, melakukan proses revisi sesuai dengan masukan Dosen Penguji.
Terdapat juga proses penyusunan skripsi yang cukup ringkas sebagai berikut:
  • Pengajuan judul skripsi/meminta topik skripsi dari dosen
  • Penelitian dan bimbingan skripsi
  • Seminar
  • Sidang
  • Revisi
Berikut ini adalah contoh Proposal Skripsi pada jurusan Sistem Informasi S1 yang telah saya buat untuk diajukan kepada Dosen dalam rangka untuk mendapatkan persetujuan judul untuk nantinya digunakan sebagai judul dan penyusunan laporan skripsi. Langsung saja simak proposal yang telah saya buat dibawah ini.

A. IDENTITAS PENGUSUL
Nama  : Muh Wahyu Setiaji
NIM  : 2012-53-002
Dosen Wali : R. Rhoedy Setiawan, M.Kom

B. TEMA & JUDUL SKRIPSI
Tema : Sistem Penjualan Berbasis Web
Judul : Sistem Informasi Penjualan Original Merchandise Supporter BANASPATI Berbasis Web

C. RINGKASAN
Sistem penjualan merchandise berbasis web ini bertujuan untuk mempermudah pembeli dalam melakukan pembelian merchandise. Dalam menentukan strategi penjualan merchandise supporter Banaspati ini memang cukup sulit. Disamping masyarakat yang tidak begitu mengenal dengan nama Banaspati, masyarakat juga belum tahu adanya pihak yang menjual merchandise supporter Banaspati. Oleh karena itu perlu adanya Sistem Informasi Penjualan Original Merchandise Supporter Banaspati Berbasis Web.

D. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Banaspati (Barisan Supporter Persijap Sejati) adalah salah satu nama supporter klub sepak bola yang ada di Jawa Tengah yaitu Persijap Jepara (Persatuan Sepak Bola Indonesia Jepara). Banyak cara yang ditunjukkan oleh para supporter Banaspati ini dalam memberikan dukungannya kepada Persijap. Salah satunya adalah dengan membuat berbagai macam merchandise Banaspati. Tetapi untuk menjualnya kepada masyarakat memang mengalami kendala. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor yaitu masyarakat yang tidak begitu mengenal dengan nama Banaspati, masyarakat sudah mempunyai klub sendiri, untuk supporter Banaspati sendiri hanya bisa membeli lewat media sosial atau datang ke kantor sekretariat banaspati.

Untuk memudahkan pembelian merchandise Banaspati baik supporter maupun masyarakat umum, maka diperlukan adanya sistem penjualan merchandise Banaspati berbasis web. Berdasarkan uraian diatas, dalam penulisan laporan penelitian ini penulis mengambil judul “Sistem Informasi Penjualan Original Merchandise Supporter Banaspati Berbasis Web”.

2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah disebutkan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan yang ada yaitu bagaimana membangun Sistem Informasi Penjualan Original Merchandise Supporter Banaspati Berbasis Web?

3. Pembatasan Masalah
Pada dasarnya permasalahan dalam proses penjualan merchandise ini cukup luas, tetapi agar sesuai yang telah di rencanakan sebelumnya diperlukan batasan-batasan agar tujuan penelitian dapat tercapai. Adapun batasan-batasan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  • Pembahasan tentang proses penjualan merchandise Banaspati, proses penjualan merchandise pada sistem ini meliputi pemilihan jenis merchandise, pengisian form pembelian dan konfirmasi pembayaran.
  • Pembahasan tentang proses pemesanan merchandise Banaspati, proses pemesanan merchandise pada sistem ini meliputi jenis merchandise, pengisian form pemesanan dan konfirmasi pembayaran.
  • Informasi yang dihasilkan berupa laporan konfirmasi pembayaran dan laporan penjualan.
4. Tujuan Penelitian
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian adalah: Menghasilkan aplikasi web untuk proses penjualan merchandise Banaspati.

5. Manfaat  Penelitian
Sedangkan manfaat yang akan dicapai dalam penelitian adalah:
  • Bagi Pemilik Usaha : Menambah wawasan penggunaan teknologi informasi untuk proses penjualan merchandise Banaspati.
  • Bagi Akademik :  Diharapkan menambah referensi mengenai aplikasi penjualan merchandise Banaspati.
  • Bagi Penulis : Menambah wawasan dan pengalaman dalam merancang sebuah sistem dan mengimplementasikan ke dalam aplikasi khususnya berbasis web.
E. TINJAUAN PUSTAKA
(Solichah 2012), dalam penelitiannya tentang sistem penjualan pernik mantenan yang berjudul “Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk Pernik Mantenan Berbasis SMS Gateway”. Tujuannya yaitu meningkatkan omset penjualan Pernik Mantenan dan memudahkan bagi pemilik dalam memantau transaksi harian untuk mengetahui kelancaran bisnis. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah Data Flow Diagram (DFD).

(Aditama 2013), Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi UMK Kudus dalam penelitiannya yang berjudul “Sistem Informasi Pemesanan Penjualan Pada Toko Mebel Tambah Rejeki”. Tujuannya yaitu untuk memperoleh laporan keuangan seperti rugilaba, perubahan modal dan neraca saldo. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan pemodelan UML. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java dan database MySQL.

(Pradana 2014), dalam penelitiannya tentang sistem penjualan sepatu yang berjudul “Analisis dan Perancangan Website E-Commerce Pada Penjualan Sepatu Kulit Dan Tas Pada Toko Dwijaya Yogyakarta”. Tujuannya yaitu untuk membuat website penjualan sepatu kulit dan tas pada toko Dwijaya. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah Data Flow Diagram (DFD). Perancangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Xampp versi 1.7.3 untuk web server dan MySQL untuk basis datanya.

Berdasarkan tinjauan pustaka tersebut, maka  penulis laporan ini mengambil judul ”Sistem Informasi Penjualan Original Merchandise Supporter Banaspati Berbasis Web”. Dalam hal ini penulis ingin merancang suatu sistem informasi untuk proses penjualan merchandise berbasis web. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML). Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan database MySQL.

Untuk proposal selengkapnya bisa di download pada link dibawah ini secara GRATIS.
Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flag Counter

Flag Counter

Statistic

Food